Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman: Menghubungi CS Paypal Pertama Kali, Begini Reaksi Mereka!

Pada tulisan pertama ini, saya akan membagikan pengalaman saya ketika pertama kali menghubungi pihak Paypal (customer service-nya) via telepon. Sebelumnya, perlu kita ketahui bahwa ada dua cara untuk menghubungi pihak Paypal yaitu via email dan via telepon. Untuk menghubungi Paypal via email atau telepon, kita perlu mengetahui email dan nomor telepon resmi milik mereka.

Sumber: sherina.in/

Adapun email resmi Paypal adalah: webform@intl.paypal.com, dan nomor telepon resmi mereka adalah +6565104584 (Singapura). Email dan nomor telepon ini dapat dijumpai pada laman 'Contact Us' atau 'Hubungi Kami' pada situs Paypal Anda.

Sumber: paypal.com/

Namun, kali ini saya hanya membagikan sedikit pengalaman saya ketika pertama kali menelepon pihak Paypal dan mendapati reaksi dari mereka. Berikut kisahnya.

Akhir tahun 2019, saya mencoba menelepon pihak Paypal untuk menanyakan masalah Penambahan Rekening Bank ke akun Paypal milik saya. Sebelumnya, saya telah beberapa kali menanyakan masalah tersebut melalui situs Paypal kepada CS (customer service) Paypal. Isi email saya menggunakan Bahasa Indonesia. Respons mereka cukup baik, hanya saja saya cukup kecewa dengan pernyataan mereka yang bersikeras ingin berbicara langsung dengan saya melalui telepon, dengan alasan bahwa masalah yang saya alami begitu sensitif sehingga tidak dapat ditindaklanjuti hanya dengan melakukan permintaan dari email. Saya berpikir ini wajar dan memakluminya karena mereka punya kode etik dan tak ingin mengambil resiko. Akhirnya, saya bersedia menghubungi mereka via telepon setelah sebelumnya memikirkan tarif operator untuk panggilan ke luar negeri serta bahasa asing yang akan saya jumpai nantinya.

Panggilan Pertama

Pertama kali menelepon mereka melalui nomor +6565104584, saya mendengar mesin penjawab otomatis berbicara dan memberikan beberapa instruksi yang jujur saya kurang memahaminya. Spontan saya menekan angka '1' pada keypad telepon dan mesin robot pun kembali berbicara di sesi ke dua. Baru saja saya menekan angka '1' dan pulsa saya pun habis! Saat itu saya menggunakan operator Telkomsel dengan sisa pulsa Rp10.000,- Dan ternyata, untuk melakukan panggilan murah ke luar negeri itu ada cara tersendiri, yaitu melakukan panggilan SLI alias voIP. Melalui jalur voIP ini, kita bisa menekan tarif panggilan ke luar negeri hingga 70%. Sebagai contoh, untuk pelanggan Telkomsel kode SLI-nya adalah: 01017 ditambah nomor tujuan sehingga nomor Paypal menjadi: 010176565104584. Dengan menggunakan kode ini, tarif panggilan tersebut akan berubah menjadi Rp3.500,- per 10 menit telepon di provider Telkomsel. Trik ini jauh lebih murah dibanding telepon biasa tanpa kode SLI atau voIP tersebut (selengkapnya klik di sini).


Panggilan Kedua


Hari berikutnya, saya kembali menyediakan pulsa Rp10,000,- dan menelepon CS Paypal Singapura menggunakan kombinasi nomor telepon dan kode SLI/voIP di atas. Sayangnya, saat itu saya menelepon terlalu pagi sehingga jam kerja pegawai Paypal Singapura belum buka. Saya hanya disapa oleh mesin penjawab otomatis dalam beberapa bahasa, termasuk Bahasa Indonesia yang menginformasikan bahwa CS mereka sedang tidak tersedia. Saya lalu menutup panggilan.


Setelah menjelang sore hari, saya mencoba menghubungi pihak Paypal kembali di nomor yang sama setelah sebelumnya mengecek ketersediaan CS Paypal orang Indonesia melalui email. Saat panggilan terhubung, kembali saya disapa oleh mesin penjawab sesi pertama dalam Bahasa Inggris. Saya menekan angka '1' dan secara otomatis saya dialihkan ke pilihan di sesi ke dua sebanyak 5 pilihan. Saya menekan angka '1' kembali dan berharap bisa terhubung dengan CS Paypal yang 'real'. Dan benar saja CS Paypal bersuara pria segera menjawab panggilan saya dengan sangat lembut tetapi masih menggunakan Bahasa Inggris. Segera saya mengatakan "My name is Mark and I want to talk to Indonesian customer service" kepadanya. Dia menaggapinya dengan baik dan meminta saya menunggu beberapa saat. Tak lama berselang, saya disapa kembali oleh CS Paypal yang berbahasa Indonesia (asli Indonesia) yang memperkenalkan dirinya sebagai Zaki. Ia meminta saya memperkenalkan nama, meminta saya menyebutkan kode akses sekali pakai, lalu menanyakan beberapa pertanyaan validasi kepada saya. Singkatnya, saya diminta menyebutkan email Paypal saya, nama yang tertera di akun Paypal, nomor HP terdaftar, Nomor Induk Kependudukan (NIK), hingga alamat rumah yang terdaftar di akun Paypal saya. Setelah ia yakin sayalah pemilik akun yang sebenarnya, barulah saya diminta menjelaskan keluhan dan masalah yang saya alami secara singkat dan jelas, kemudian ia meminta saya menunggu sejenak.


Sumber: paypal.com/



Tak lama kemudian, saya diminta masuk ke akun Paypal saat itu juga saat panggilan tetap berlangsung untuk menambahkan rekening bank agar ia dapat memantau langsung setiap proses yang terjadi. Sayangnya, saya saat itu sedang menelepon dengan HP yang biasa dipakai untuk mengakses internet. Akhirnya, ia memberikan beberapa instruksi yang perlu saya lakukan kemudian mencoba menambahkan rekening bank ke akun Paypal setelah 1 jam berlalu. Saya mengiyakan dan ia menanyakan apakah ada keluhan atau pertanyaan lain? Saya menjawab tidak ada dan sesudah itu panggilan saya akhiri.



Kesimpulan


Dari pengalaman saya di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap Customer Service (CS) pada umumnya sudah diharuskan untuk berperilaku ramah dan sabar menghadapi keluhan setiap pelanggan, termasuk CS Paypal. Jadi, apabila anda ingin menghubungi Paypal via telepon jangan ragu untuk melakukannya karena mereka sangat ramah dan sabar melayani setiap keluhan dan masalah kita. Kita hanya perlu menjelaskan keluhan dan masalah kita secara singkat dan jelas lalu biarkan mereka membantu menyelesaikannya. Perlu diketahui bahwa berbicara secara langsung dengan CS Paypal lebih efektif daripada berbalas email dengan mereka. Tak perlu khawatir bila tak pandai berbahasa Inggris. Anda cukup menekan angka '1' sebanyak dua kali di dua sesi mesin penjawab maka Anda akan segera terhubung dengan CS Paypal. Selanjutnya Anda hanya perlu mengucapkan kalimat "I want to talk to Indonesian customer service" dan CS yang berbahasa Inggris tersebut akan memanggil CS lainnya yang adalah orang Indonesia. Mudah bukan? Oh ya, CS Paypal juga bisa menghubungi kita ke nomor HP yang sudah terdaftar di akun Paypal kita apabila masalah yang kita hadapi serius dan butuh pelayanan ekstra, seperti pada pengalaman saya yang berikut ketika ditelepon balik oleh CS Paypal. Klik di sini.

1 komentar untuk "Pengalaman: Menghubungi CS Paypal Pertama Kali, Begini Reaksi Mereka!"

Tulis komentar anda di sini....