Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENJALANKAN APLIKASI SOLMISASI PERTAMA KALI, KENALI FITUR DAN FUNGSINYA

Pada postingan sebelumnya saya telah memperkenalkan aplikasi SOLMISASI (versi terdahulu dari aplikasi Kidung Digital) yang mempunyai fungsi utama untuk membunyikan notasi angka yang kita input ke dalam aplikasinya. Setelah lama tak menulis post, dengan bahagia kali ini Saya akan mengulas fitur-fitur penting aplikasi SOLMISASI buatan J Silangit beserta fungsinya bagi Sobat DWM yang baru pertama kali atau pun belum paham dengan setiap fiturnya. Ini juga berlaku pada aplikasi komposer J Silangit lainnya karena pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan versi-versi terbaru.

Langsung ke topik pembahasan!

MENJALANKAN APLIKASI SOLMISASI PERTAMA KALI



Pertama kali menjalankan aplikasi ini, Sobat akan berhadapan dengan Daftar Isi yang memuat kolom pencarian judul komposisi yang sudah ada atau sudah dibuat serta beberapa contoh komposisi lagu yang dibuat oleh pengembang aplikasi di antaranya: Bagimu Negeri, Bunda, dan Sakitnya Tuh di Sini. Di samping kanan atas kolom pencarian Sobat akan menemukan tombol 'BARU'. Tombol ini merupakan pintu masuk ke lembar kerja kosong untuk memulai komposisi. Klik tombol tersebut, Sobat akan diperhadapkan dengan kolom Judul, Ciptaan, dan Aransamen. Silahkan masukkan judul lagu yang ingin dibuat beserta pencipta dan aransemennya pada kolom tersebut. Klik 'OK'. Sobat akan dialihkan ke lembar kerjanya.

BAGIAN UTAMA APLIKASI

Sobat bisa melihat bagian-bagian dari tampilan lembar kerja bagian atas pada gambar di bawah ini!



Berikut penjelasannya sesuai nomor yang ditunjukkan:

1. Judul Lagu

Menampilkan judul lagu yang sudah kita buat tadi.

2. Daftar Isi

Jika diklik, Sobat akan diarahkan ke Daftar Isi pada tampilan awal.

3. Save As

Tombol untuk menyimpan hasil komposisi kita dengan nama baru.

4. Titik 3

Tombol ini menampilkan 2 submenu yang terdiri atas LIHAT PARTITUR untuk menampilkan bentuk partirtur dari notasi telah kita buat. Di bawahnya ada pilihan untuk Hapus File.

5. Nada Dasar

Tombol ini berfungsi untuk mengubah nada dasar pada komposisi yang kita buat. Terdapat nada C, Cis/Des, D, E, F, Fis/Ges, G, As/Gis, A, Bes/Ais, dan B.

6. Birama

Di samping kanan menu Nada Dasar ada tombol panah ke bawah yang jika diklik akan menampilkan birama yang dapat diterapkan pada komposisi yang kita buat secara otomatis. Terdapat birama 2/2, 1/4, 2/4, 3/4, 4/4, 6/4, 3/8, 6/8, 9/8, dan 12/8.

7. Tempo/MM

Di samping kanan menu Birama, ada tombol panah ke bawah yang jika diklik akan menampilkan tempo yang dapat kita pilih untuk menyesuaikan kecepatan lagu yang kita buat. Tempo dimulai dari 40 yang sangat lambat hingga tercepat 240.

8. Jenis Suara

Di samping menu Tempo secara default ketika aplikasi baru dibuka Sobat akan melihat kata Sopran yang berarti lembar kerja yang ditampilkan adalah komposisi untuk melodi/suara Sopran. Kita bisa berpindah ke suara Alto, Tenor, Bass atau sebaliknya kembali ke Sopran dengan mengkilk pada nama dari jenis suara yang sedang dibuka lembar komposisinya atau pada tombol panah ke bawah di samping kanannya.

9. Play/Pause

Tombol ini berfungsi untuk memainkan/menjeda bunyi melodi SATB atau pun satu atau beberapa di antaranya yang sudah dibuat.

10. Bait

Terdapat 1 sampai 10 bait yang bisa kita gunakan untuk menyematkan syair atau penggalan syair/lirik tiap bait ke setiap notasi yang ada.

11. Lirik

Gunakan kolom ini untuk mengetik penggalan syair/Lirik notasi demi notasi. Klik ikon centang di samping kanan untuk memasukkannya ke lembar kerja.

Lembar Kerja


Bagian yang lapang berlatar putih ini menampilkan komposisi yang kita buat lengkap dengan syair atau lirik dari notasi yang aktif.

Sobat bisa melihat bagian-bagian dari tampilan lembar kerja bagian bawah pada gambar di bawah ini!



Berikut penjelasannya sesuai nomor yang ditunjukkan:

1. Hapus

Tombol ini berfungsi untuk menghapus notasi/karakter yang ada di kiri kursor aktif pada lembar kerja jika kita salah menginputnya.

2. Notasi 0 - 7

Ini adalah fungsi utamanya. Setiap tombol menampilkan barisan notasi angka yang dapat dipilih di bagian bawah layar mulai dari tanda diam (0), nada do (1), re (2), mi (3), fa (4), sol (5), la (6), dan si (7). Uniknya lagi, setiap tombol sudah tersedia lengkap not tunggal, not dengan oktaf di atas atau di bawah, not dengan nilai ketukan, not dengan tanda naik atau turun setengah, garis pemisah birama, hingga tanda ulang.

3. Instrumen

Tak hanya Notasi, Sobat juga bisa mengubah bunyi instrumen komposer yang awalnya piano menjadi gitar, trompet, ataupun biola. Bisa juga per kelompok suara Sobat bedakan instrumennya. Contoh: Sopran - Flute, Alto - Harmonika, Tenor - Klarinet, dan Bass - Tuba. Terdapat banyak sekali instrumen yang tersedia. Pada menu ini kita juga mengubah oktaf nada dasar hingga naik 3 atau turun 3 oktaf pada tiap suara yang ada.

Penting bahwa jika komposisi yang hendak Sobat buat itu untuk suara campuran SATB, maka melodi Sopran dan Alto Sobat biarkan saja pada oktaf 0 sedangkan Tenor dan Bass kita turunkan ke -1 oktaf. Sobat juga bisa membisukan salah satu atau beberapa suara yang ada ketika hendak memainkan hasil komposisi dengan menghilangkan tanda centang di sebelah kiri setiap jenis suara. Fitur terakhir pada menu ini adalah Sobat bisa menambah atau mengaktifkan Instrumen perkusi hingga 4 jenis dengan cara mencetang kotak-kotak yang ada di bawah baris instrumen suara Bass.

4. Volume

Gunakan tombol ini untuk mengatur volume dan dinamika per instrumen suara yang ada.

5. Simpan

Terakhir, simpanlah perubahan pada hasil komposer yang Sobat buat itu secara bertahap untuk menghindari hilangnya perubahan yang telah kita buat ketika exit dari aplikasi atau menjaga-jaga jika terjadi lag atau error pada aplikasi tiba-tiba.


Nah, itulah fungsi dari setiap fitur istimewa yang ada pada aplikasi Solmisasi buatan J Silangit. Mungkin bagi Sobat yang baru pertama kali menggunakannya akan kebingungan tapi jika rutin bereskperimen dengannya, Saya yakin Sobat pasti akan segera paham bahkan mungkin saja bisa menciptakan karya-karya baru yang indah. Tipsnya, sering-sering bereksperimen dengan aplikasi ini, untuk mempermudah bisa menggunakan partitur yang sudah ada atau dengan lagu default yang ada pada Daftar Isi. Jika masih ada yang kurang atau belum paham boleh Sobat DWM bertanya di kolom komentar. Btw, Kita harus berterima kasih banyak nih sama pembuatnya, J Silangit, meskipun aplikasi versi awal ini sudah tidak ada lagi di PlayStore. Sobat bisa temukan versi awal pada link ini.

Terbaru setelah saya browsing di PlayStore ternyata aplikasi SOLMISASI ini telah diperbarui dengan nama: "Kidung Digital" buatan J Silangit juga (versi komplit KJ, PKJ, dll). Namun pada dasarnya sama untuk fitur komposernya. Saya merekomendasikan versi terbaru tersebut karena versi ini sudah diperbarui, smooth dan lebih komplit dari versi lama SOLMISASI yang Saya bahas di atas. Hal itu juga sebagai bentuk dukungan dan rasa terima kasih kita kepada sang pembuatnya. Berikutnya Saya akan bahas juga versi terbarunya.

Oh ya, aplikasi buatan J Silangit yang bermanfaat juga banyak di PlayStore lho di antaranya: Kidung Digital, Musik Digital GBKP Versi Andro, Kitab Ende-Enden GBKP, Karaoke Remote LangitKTV20, dan LangitKTV Karaoke Remote.

Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "MENJALANKAN APLIKASI SOLMISASI PERTAMA KALI, KENALI FITUR DAN FUNGSINYA"