Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APLIKASI KIDUNG DIGITAL UNTUK MEMBUAT ARANSEMEN NOT ANGKA

Sobat Dwi, sebelumnya Saya telah membahas Segudang fitur aplikasi SOLMISASI beserta fungsinya yang adalah pendahulu dari  aplikasi Kidung Digital yang akan Saya bahas kali ini.

Untuk membuat sebuah komposisi musik menggunakan notasi angka, sekarang ini kita tidak perlu lagi menguasai semua teknik bermusik. Hanya dengan memanfaatkan aplikasi Android saja kita sudah bisa menciptakan sebuah karya musik berupa partitur lagu baik untuk satu suara maupun dua hingga empat suara berbeda layaknya seorang komposer profesional. Kita bahkan tidak harus menguasai notasi angka itu sendiri dan orang awam sekalipun bisa membuat komposisi menggunakan aplikasi Android buatan J Silangit yang bernama: "KIDUNG DIGITAL".


Selain fungsinya untuk menghasilkan komposisi musik SATB dalam bentuk partitur dan melodi, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membunyikan notasi angka pada sebuah partitur dengan cara menginput setiap rangkaian not angka yang terdapat pada partitur tersebut. Alhasil, lagu yang semulanya kita tidak tahu melodinya dapat kita nyanyikan berkat lantunan melodi yang dihasilkan oleh aplikasi tersebut. Saya pribadi menggunakan aplikasi komposer jenis ini untuk menulis dan mengaransemen ulang sebuah komposisi musik paduan suara campuran (SATB), atau sekedar membunyikan not angka pada sebuah partitur yang belum Saya ketahui.

Berikut akan saya bahas aplikasi Kidung Digital yang merupakan pembaruan dari aplikasi SOLMISASI.

TAMPILAN AWAL


Sama halnya dengan aplikasi SOLMISASI, pada aplikasi KIDUNG DIGITAL jika pertama kali kita membukanya kita menemukan Daftar Isi berupa judul lagu. Bedanya, Daftar Isi KIDUNG DIGITAL terdiri dari lagu-lagu Kidung Jemaat, Nyanyikanlah Kidung Baru, dan Pelengkap Kidung Jemaat yang kategorinya dapat dipilih pada tombol panah ke bawah di bagian samping kanan atas. Kita juga bisa menemukan judul lagu dengan memanfaatkan kolom pencairan di bagian atas.

MASUK KE FITUR KOMPOSER

Dari tampilan awal Daftar Isi, pilih salah satu judul lagu yang ada di daftar. Sobat akan menemukan partitur lagu yang dipilih lengkap dengan bunyi instrumen, notasi angka, dan juga syairnya.


Perhatikan di kanan atas terdapat tombol "KOMPOSER". Klik di situ sehingga muncul tampilan lembar kerja komposer yang masih kosong. Sekilas tampilannya sangat mirip dengan aplikasi pendahulunya yaitu SOLMISASI. Terdapat fitur Nada Dasar, Birama, Tempo, Bait, Jenis Suara, dan Lirik yang sama dengan aplikasi SOLMISASI. Pada bagian bawah pun demikian. Terdapat tombol Hapus, tombol Notasi 0 - 7, tombol Instrumen dan Volume serta tobol Simpan yang masih sama bentuk dan fungsinya. Lantas apa yang berbeda dari versi ini?

FITUR TAMBAHAN KOMPOSER PADA APLIKASI KIDUNG DIGITAL

Yang membuatnya berbeda adalah terdapat tambahan tombol Setting dan Share di bagian bawah.


Tombol Setting berfungsi untuk mengubah judul lagu yang kita buat dengan komposer, menambahkan pencipta lagu dan aransemennya.

Terdapat pula tombol RESET untuk mengembalikan aransemen, notasi, dan lirik ke default.

Tombol BACKUP untuk menyimpan aransemen dengan nama file yang lain.

Tombol SUBMIT untuk mengunggah aransemen baru atau perbaikan/koreksi pada notasi saat ini. Uniknya, aransemen yang di-submit ini akan diunggah ke server sehingga pengguna lain dapat mengunduh dan menggunakan aransemen tersebut.

Tombol LOAD untuk mengubah aransemen saat ini dengan file backup.

Yang berikut dari menu Setting adalah opsi UNDUH yang berfungsi untuk mengunduh aransemen dari server untuk digunakan kembali pada komposer kita.

Terakhir, tombol SHARE yang merupakan pintu untuk sobat dapat membagikan aransemen yang sudah sobat buat ke perangkat atau aplikasi lainnya.

Itulah pembahasan mengenai aplikasi KIDUNG DIGITAL, penerus dari aplikasi SOLMISASI dengan fitur dan kemampuan yang tidak jauh berbeda. Bagi Sobat Dwi yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai fitur-fiturnya silahkan baca artikelnya di sini.

Posting Komentar untuk "APLIKASI KIDUNG DIGITAL UNTUK MEMBUAT ARANSEMEN NOT ANGKA"