Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 CARA BERTERIMA KASIH KEPADA SEORANG PENULIS ARTIKEL DI INTERNET

Ucapan terima kasih biasanya sering kita sampaikan kepada orang-orang yang dinilai telah memberikan sesuatu yang sangat berarti dan penting dalam kehidupan kita, entah itu dalam bentuk fisik maupun nonfisik. Wujud ungkapan terima kasih ini tak hanya melalui mulut saja, namun bisa juga dalam bentuk barang, dukungan moral atau spiritual, dan bahkan dalam bentuk tulisan. Ungkapan rasa terima kasih melalui tulisan seringkali kita temukan dalam percakapan-percakapan di media sosial, termasuk kepada seorang penulis artikel di internet.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang menghargai hasil karya dan buah pikiran orang lain yang dituangkan dalam bentuk tulisan artikel di internet, tentu Anda akan meluangkan sedikit waktu untuk memberikan penghargaan dalam bentuk ucapan terima kasih kepada sang penulis artikel melalui komentar tertulis di bawah artikelnya. Namun, tahukah Anda bahwa 5 cara berikut ini ternyata bisa mewakili wujud ungkapan terima kasih Anda kepada pemilik blog secara tidak langsung, namun mempunyai makna yang lebih dari sekedar menulis komentar "terima kasih" di bawah artikelnya. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya untuk Anda.



1. Bagikan Artikelnya

Jika Anda menyukai artikel yang sedang Anda baca pada sebuah laman situs, bagikanlah artikel tersebut kepada orang lain agar mereka pun turut termotivasi karenanya. Membagikan sebuah artikel di internet dapat dilakukan dengan cara menekan tombol "Share" atau "Bagikan" yang biasanya terletak di bagian awal atau akhir artikel. Selain dalam bentuk tulisan "Share/Bagikan", tombol berbagi ini juga tersedia dalam bentuk ikon sosial media seperti 'ikon facebook, twitter, dan whatsapp' yang mengambang. Memberikan apresiasi kepada sang penulis artikel dengan cara membagikan artikelnya ini juga berarti bahwa Anda telah membantu mempromosikan artikel tersebut. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya kunjungan (visitors) ke artikel tersebut pada situsnya, sehingga sang penulis semakin giat lagi untuk menuliskan artikel-artikel lain yang lebih bermanfaat kepada para pengunjung situs.

2. Tinggalkan LIKE atau Balasan

Memberikan satu "Like (Suka)" ternyata mampu memberikan nilai postif dan berdampak pada naiknya rating sebuah artikel. Namun pada beberapa jenis situs misalnya situs bloging, sang pengelola tidak menyertakan tombol "Like/Suka" pada halaman artikelnya. Meskipun demikian, Anda dapat mengapresiasinya dengan cara lain seperti meninggalkan komentar tertulis (balasan) positif di akhir artikel. Balasan yang positif tentu akan membuat sang penulis senang karena ia merasa artikelnya bermanfaat bagi orang lain. Meninggalkan balasan juga menjadi tanda bahwa anda telah menjadi salah satu dari pembaca artikel tersebut. Balasannya pun dapat berupa ucapan terima kasih, pujian, pertanyaan, kritikan, maupun saran yang membangun sehingga sang penulis dapat mengembangkan tulisannya menjadi lebih baik lagi ke depannya.

3. Membaca Artikel Lainnya

Dalam satu tampilan laman artikel biasanya terdapat rekomendasi artikel lainnya yang saling bertautan meskipun berbeda halaman pada suatu situs. Anda tak perlu untuk membaca semuanya tetapi Anda dapat membaca satu atau beberapa artikelnya saja yang berkaitan, maupun membaca artikel lain sesuai minat dan topik yang Anda sukai dari penulis yang sama. Biasanya seorang penulis artikel di blog merangkap sebagai pengelola (Admin) dari situs blog yang menampung karya tulisnya. Situs tersebut juga biasanya memuat artikel yang tidak jauh berbeda topik antara satu artikel dengan artikel lainnya. Dengan mengunjungi artikel lain pada situs yang sama, secara tidak langsung anda telah membantu meningkatkan trafik pada situs yang telah dikelola oleh sang penulis artikel.

4. Mengklik Iklan Yang Ditayangkan

Pada dasarnya seorang penulis yang mempublikasikan artikelnya di internet tak menuntut balasan yang berarti dari para pembacanya. Hal ini terlihat jelas dari adanya akses artikel yang selalu gratis. Bayangkan jika ribuan artikel bermanfaat yang bertebaran di internet atau blog-blog dapat diakses dan dibaca secara bebas dan gratis kapan pun dan dimana pun Anda berada.

Dalam menulis sebuah artikel, seorang penulis harus merangkai kata menjadi kalimat, kalimat menjadi paragraf, dan paragraf menjadi sebuah bacaan artikel yang menarik hasil buah pikirnya. Hal ini tentu tidak mudah dilakukan serta-merta begitu saja, karena seorang penulis artikel perlu mengkaji dan menuangkan buah pikirnya secara cermat dan teliti, agar menjadi sebuah bacaan artikel yang bermanfaat dan menarik untuk dibaca. Oleh sebab itu, kita patut memberikan apresiasi yang baik serta penghargaan yang tulus bagi para penulis artikel. Tak etis jika kita hanya mengambil manfaat sendiri tanpa respon balik, atau bahkan memberikan tanggapan negatif yang menjatuhkan penulis artikel. Dan memang banyak yang seperti itu lho. Semoga Anda tidak termasuk salah satunya ya gan?

Penghargaan yang sangat berarti bagi penulis dan/atau pengelola situs bloging adalah dengan cara mengklik satu atau lebih iklan yang ditampilkan pada laman artikel yang sedang dibaca (jika ada iklan). Dengan mengklik iklan yang ditayangkan pada laman artikel, sang penulis artikel dan/atau pengelola situs bloging tersebut akan menerima sedikit pendapatan dari pengiklan yang memasang iklan di halaman artikel mereka. Itu berarti bahwa satu klik Anda telah menjadi donasi kecil bagi penulis artikel. Itulah letak sumber keuntungan yang dapat diperoleh oleh seorang penulis artikel secara tidak langsung dari Anda, tanpa Anda harus mengeluarkan biaya sepeser pun untuk membayar sang penulis artikel. Dengan kata lain, Anda dan penulis artikel sama-sama membutuhkan dan saling menguntungkan. Cukup bijak bukan?

5. Berlangganan Artikelnya

Sebuah artikel yang ditulis dengan sangat baik tak akan berguna jika tidak ada yang membacanya. Hal ini sering terjadi pada artikel lebih baru yang ditulis atau pun karena topiknya kurang menarik sehingga jarang dicari di mesin telusur (ex: Google Search, Yahoo!). Dengan demikian sia-sialah usaha sang penulis menciptakan dan mempublikasikan artikel tersebut. Itulah sebabnya menu "Berlangganan Artikel" dalam berbagai bentuk dan cara pada sebuah situs bloging. Fungsinya satu yaitu untuk menawarkan kepada pembaca apakah pembaca bersedia berlangganan artikel baru dari penulis di situs bloging tersebut ataukah tidak. Jika Anda merasa topik artikel yang diterbitkan sang penulis bermanfaat dan tertarik untuk berlangganan, maka setiap kali penulis menerbitkan artikel baru Anda pun akan menerima notifikasinya secara otomatis di alamat email yang Anda isikan pada form 'Berlanggaan'. Bukalah tautan (link) pada email notifikasi tersebut yang akan mengarahkan Anda ke artikel baru dari sang penulis, sehingga akan membantu penulis menemukan kembali para pembaca setianya. Jika Anda merasa artikel tersebut berguna, silahkan ulangi kembali langkah 1 sampai 5 ini sebagai bentuk apresiasi/dukungan Anda, sekaligus bentuk ungkapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada seorang penulis artikel. Anda pun dapat mencobanya dari artikel yang Saya tuliskan ini. Semoga termotivasi!

Posting Komentar untuk "5 CARA BERTERIMA KASIH KEPADA SEORANG PENULIS ARTIKEL DI INTERNET"