Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MULAI MENGARANSEMEN LAGU PAKE APLIKASI SOLMISASI LANGSUNG JADI PARTITUR BAGI PEMULA

Masih tentang aplikasi SOLMISASI atau Kidung Digital yang cocok buat sobat pemula yang mau mencoba mengaransemen musik menggunakan smartphone secara mudah dan praktis!

Kali ini kita akan mencoba mengaransemen lagu menggunakan satu jenis suara, yakni suara Sopran. Untuk sebuah komposisi musik yang hanya menyediakan satu jenis suara dalam partiturnya alias mode solo, maka lebih mudah bagi kita untuk membuat aransemennya dengan aplikasi ini. Hal ini dikarenakan kita hanya perlu fokus pada satu rangkaian notasi di satu tampilan lembar kerja saja sehingga peluang ketidakcocokan komposisi antar suara lebih kecil dan tidak terdengar false.

Untuk pemula, sebaiknya kita pakai contoh partitur yang komposisinya pendek dan tidak rumit. Di sini saya akan mencoba menggunakan partitur lagu "Bagimu Negeri" yang syairnya pendek dan komposisinya tidak rumit. Berikut tutorialnya.....

Pertama-tama, pastikan aplikasinya sudah di-download di HP sobat dan silahkan berpatokan pada partitur contoh yang sudah saya sematkan di bawah ini.

Langkah-langkahnya, silahkan sobat buka aplikasi Solmisasi. Pada tampilan awal Daftar Isi:
  • Klik pada tombol "BARU" pojok kanan atas sampai mucul tampilan Notasi Baru.
  • Masukkan Judul lagu: Bagimu Negeri
  • Ciptaan: Kusbini
  • Aransamen: (Nama Sobat - bebas)
  • Klik  OK.
MENENTUKAN NADA DASAR

Sekarang sudah masuk pada tampilan lembar kerjanya. Secara default, ini adalah lembar komposisi untuk Sopran. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan nada dasar lagu. Pada partitur di atas nadanya adalah Do=G. Cara memasukkannya, sobat klik pada tombol bertuliskan: do=c di pojok kiri atas. Akan muncul pop up yang menampilkan nada dasar yang bisa dipilih. Cari do=g di daftar dan pilih. Sekarang tampilan do=c sudah berubah menjadi do=g. Lanjut tahap berikutnya!



MENENTUKAN BIRAMA

Setelah menentukan nada dasarnya, selanjutnya klik pada anak panah bagian tengah pada bar atas. Perhatikan di partitur lagu Bagimu Negeri biramanya adalah 4/4. Silahkan pilih 4/4 di daftar birama yang muncul. Setelah memilih birama, nantinya ketika kita menginput satu atau serangkaian notasi sampai empat not maka secara otomatis garis bar akan muncul setelah not ke empat dan seterusnya (kelipatan empat).

MEMILIH TEMPO YANG SESUAI

Tempo yang ditetapkan untuk lagu Bagimu Negeri berdasarkan partitur di atas adalah Moderato. Metronom (MM) pada tempo moderato adalah antara 92 - 104. Sobat bisa sesuaikam temponya sesuai keinginan di antara MM 92 - 104. Caranya, klik pada anak panah di samping kiri tulisan Sopran lalu tarik ke atas daftar angka MM yang mucul lalu pilih MM di antara 92 - 104.

MULAI MENGINPUT NOTASI

Perhatikan di bawah lembar kerja ada tombol angka dari 0 sampai 7.



Tombol  sampai 7 menyediakan notasi: do - re - mi - fa - sol - la - si, not 1 ketuk, not 1/2 ketuk, 1/4 ketuk dst. (kecuali 2 ketuk). Ada juga not rendah dan not tinggi dengan 1 hingga 2 oktaf, serta not naik setengah.

Sedangkan tombol 0 menyediakan tanda diam 1 ketuk ( 0 ), diam 1/2 ketuk, diam 1/4 ketuk dst., serta di dalamnya ada tanda batas birama (bar) 1 garis dan 2 garis. Sobat juga bisa menemukan tanda ulang birama di sini dan perpanjangan nada 2 ketuk dengan atau tanpa bendera.


Sekarang, sobat perhatikan pada notasi pertama di partitur yaitu nada 5 (sol) biasa. Pada aplikasi, klik tombol 5 lalu pilih angka 5 di kotak barisan pertama. Di layar sudah ada nada sol ( 5 ).

Berikutnya nada 1 (do) tinggi 1/2 ketuk. Klik pada tombol 1 dan di kotak yang ada pilih not yang ada di kotak urutan ke-13 pada barisan pertama.

Berikutnya tanda titik (perpanjangan nada) 1/2 ketuk. Klik angka 0 dan pilih kotak urutan ke-8.

Lakukan hal yang sama untuk setiap notasi yang ada di partitur. Kuncinya terletak pada tombol-tombol angka 0 - 7 tadi. Jika notasi yang sobat masukkan salah, silahkan gunakan ikon Hapus yang ada di bar bawah tepat di sisi kiri tombol 0. Perhatikan juga bahwa garis batas birama/bar tidak salah.

Jika dalam pengimputan notasi sobat menemukan 3 not yang menjadi satu seperti pada penggalan syair/lirik "ji-wa ra". Silahkan cari di setiap tombol 1, 2, dan 3. Biasanya untuk nada do (1) sampai si (7), notasi sejenis itu ada pada urutan ke-5, 10, 15, 20, 25, 30, 35, 40, 45, dan 50.



Untuk tanda fermata seperti pada penggalan syair/lirik "ga" dan "ka", belum ada fiturnya pada aplikasi ini. Sebagai alternatif, sobat bisa menggantinya dengan tanda titik ( . ) untuk perpanjangan nada sesuai kebutuhan.

Sekarang saya anggap sobat sudah selesai menginput semua notasi yang ada di partitur. Klik ikon Save di bagian bawah tepatnya di barisan tombol angka paling kanan untuk menyimpan perubahan. Setelah itu, silahkan putar hasil aransemennya dengan cara klik ikon Play di samping kiri tulisan Bait 1 (di bar atas). Dengarkan hasilnya, jika ada nada yang salah, edit kembali bagian itu dan perbaiki notasinya.

Sekarang waktunya untuk memasukkan syair/lirik ke setiap notasi yang kita buat.

MEMASUKKAN SYAIR KE NOTASI



Caranya mudah.... Klik pada notasi yang pertama yaitu sol (5) dan klik pada tombol Lirik di bagian atas. Muncul keyboard HP kita lalu ketik penggalan syair untuk nada sol (5) tersebut yaitu "Pa". Berikutnya do (1) tinggi ketik "da", kemudian nada la (6) ketik "mu" dan seterusnya sampai semua syair/lirik yang ada di partitur sudah terpasang ke setiap notasinya. Perlu diingat bahwa tidak semua not memiliki syair di bawahnya, jadi sobat bisa lewati not yang tidak ada syairnya seperti tanda diam ( 0 ). 

Selamat! Sampai di sini komposisi kita untuk satu suara sudah selesai. Jangan lupa tekan tombol Save di kanan bawah.

MENAMPILKAN PARTITUR

Untuk melihat hasil komposisinya dalam bentuk partitur. Sobat bisa klik ikon titik tiga di sudut kanan atas, lalu pilih LIHAT PARTITUR. Akan tampil partiturnya lengkap dengan judul, nada dasar, birama, tempo, syair lagu, pencipta dan aransemennya. Namun baris Alto, Tenor, dan Bass masih kosong karena kita hanya membuat komposisi satu suara.



EKSPOR DAN SIMPAN HASIL ARANSEMEN

Untuk mengekspor komposisinya dalam bentuk partitur format file IMG dan musik format MIDI, dari tampilan partitur klik pada tombol EKSPOR di bagian atas kemudian masukkan nama file, pilih Semua, lalu klik ikon Save.

Untuk menyimpan proyek komposisi yang baru kita buat tadi, kembali ke tampilan lembar kerja lalu klik Save As di bagian atas, masukkan nama komposisinya dan klik tombol SIMPAN. Sekarang komposi kita sudah tercantum di Daftar Isi. Kita bisa mengubah komposisinya sewaktu-waktu dengan mencari judulnya di Daftar Isi. Sobat juga bisa mencoba lagi dengan partitur yang lain atau bahkan membuat karya sendiri dengan aplikasi ini. 

Demikian tutorialnya....
Sobat silahkan tonton tutorial ini di video yang sudah saya buat lengkap di bawah ini. Jangan lupa tinggalkan komentarnya, di-Like dan juga SUBSCRIBE. Terima kasih!



Posting Komentar untuk "MULAI MENGARANSEMEN LAGU PAKE APLIKASI SOLMISASI LANGSUNG JADI PARTITUR BAGI PEMULA"