Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PUNYA CD BEKAS JANGAN DIBUANG, BISA DISULAP JADI HIASAN MAHAL YANG MENGHASILKAN UANG!

Beberapa tahun yang lalu, tepatnya pada awal tahun 2000-an, penggunaan kaset/cakram disk (CD/VCD/DVD) sangat populer dan seringkali diburu oleh para penikmat film dan musik setiap harinya. Tak heran jika lapak-lapak kaset mulai dari bajakan hingga original diborong dan laris-manis setiap harinya. Sampai kemunculan handphone yang bisa memutar musik dan film hadir dalam beragam merk di pasaran Indonesia, maka popularitas kaset semakin menurun. Bahkan, banyak pedagang kaset yang akhirnya harus alih profesi dan nyaris gulung tikar. Apalagi setelah posisi handphone saat ini telah digantikan dengan smartphone yang lebih canggih, akhirnya membawa ancaman serius bagi pebisnis kaset.
Nah, di antara kalian pasti ada yang punya satu atau beberapa keping CD yang tidak terpakai lagi bukan? Kalau dibuang kan sayang, itu sampahnya tidak bisa terurai. Jadi bagaimana jika Saya menawarkan Anda untuk mendaur ulang kepingan-kepingan CD bekas yang Anda punyai dan menjadikannya sebagai barang kreasi yang bernilai seni tinggi dan layak dijual? Iya, zaman sekarang kita harus kreatif dan hemat-hemat dalam memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi dengan menjadikannya lebih berguna dan dapat mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda. Tanpa panjang lebar lagi, mari kita lihat dan praktekkan beragam kepingan CD yang dapat disulap menjadi beragam barang seni yang bernilai tinggi.
1. PELAPIS PIRING
Kreasi yang pertama adalah pelapis piring. Yang dimaksud dengan pelapis piring adalah bagian permukaan piring yang ditempeli serpihan CD bekas, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
Gambar terkait
Sumber: Seafoodnet.info/
Menarik bukan? Begini cara membuatnya:
Alat dan bahan yang harus dipersiapkan:
Alat dan bahan yang perlu Anda siapkan adalah sebuah piring plastik, CD bekas secukupnya, gunting, pinset, dan lem. Piring plastik sebagai media untuk menempelkan potongan-potongan CD bekas, gunting untuk memotong CD, lem sebagai perekat CD pada piring, dan pinset untuk menjepit kepingan-kepingan CD dan menempatkannya pada permukaan piring.
Langkah-Langkah Pembuatan:
1. Potong kepingan CD bekas kecil-kecil dengan pola yang bebas namun dalam ukuran yang seragam.
2. Pada salah satu sisi CD yang tidak ada efek pelanginya, oleskan dengan lem secara merata.
3. Tempelkan potongan CD yang telah diberi lem pada permukaan piring dengan pola bebas asalkan teratur dan berdempetan satu dengan yang lain. Gunakan pinset untuk menjepit potongan CD agar lebih mudah untuk menempatkannya.
4. Penuhilah seluruh permukaan piring dengan potongan CD dan sesuaikan kerapatannya agar hasilnya lebih baik.
Selesai! Hasil karya Anda sudah dapat dijadikan hiasan atau pajangan rumah yang cantik dan bernilai seni tinggi.
2. BINGKAI FOTO
CD bekas dapat dikreasikan menjadi bingkai foto yang berkilau dan terkesan elegan. Daripada anda membeli bingkai foto yang mahal harganya, sebaiknya Anda coba membuat sendiri bingkai foto dengan hanya memanfaatkan kardus dan CD bekas yang langkah dan hasilnya tampak pada gambar berikut.
Gambar terkait
Sumber: Yandex.com
Alat dan bahan yang harus dipersiapkan:
Kardus bekas atau atau triplek, CD bekas secukupnya, gunting/pisau cutter, lem, pinset, dan cat akrilik. Kardus atau triplek sebagai media dasar bingkai foto, CD bekas sebagai penghias, dan cat akrilik sebagai pelengkap hiasan.
Langkah-Langkah Pembuatan:
1. Tentukan terlebih dahulu ukuran bingkai dengan ukuran foto yang ada, kemudian potong kardus/triplek menjadi bentuk persegi atau bentuk lain sesuai selera. Anda harus membuat dua persegi dengan ukuran yang sama.
2. Lubangi bagian tengah salah satu kardus/triplek menggunakan pisau cutter untuk menempatkan foto.
3. Potong CD bekas kecil-kecil mengikuti pola yang anda inginkan.
4. Setelah beres, berilah lem pada bagian depan potongan CD yang tidak ada efek pelanginya.
5. Tempelkan potongan CD yang telah diberi lem tersebut pada keempat sisi bingkai yang berlubang sampai penuh dengan menggunakan pinset.
6. Tahap terakhir adalah menempelkan bingkai yang tidak berlubang dengan bingkai yang berlubang menjadi satu menggunakan lem.
7. Untuk mempercantiknya, Anda dapat mengoleskan cat akrilik pada celah-celah potongan CD yang ada. Gunakan botol plastik yang mempunyai tutup seperti botol cuka sebagai wadah cat akrilik agar mempermudah pengolesan. 
Selamat! Bingkai foto Anda telah siap digunakan.

Posting Komentar untuk "PUNYA CD BEKAS JANGAN DIBUANG, BISA DISULAP JADI HIASAN MAHAL YANG MENGHASILKAN UANG!"