Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGGUNAKAN FONT NOTASI ANGKA UNTUK MENGETIK PARTITUR LAGU LENGKAP + DOWNLOAD

Pernahkah terlintas di pikiran Anda bagaimana cara membuat partitur lagu pada software pengolah kata Micrososft (Ms.) Word lengkap dengan notasi angkanya? Seperti yang kita tahu bahwa secara default notasi angka tidak terdapat pada font (huruf) Ms.Word sehingga tidak mungkin bagi kita untuk bisa menuliskan partitur lagu dengan baik. Pengalaman serupa juga pernah dialami oleh Saya ketika hendak membuat partitur lagu Paduan Suara SATB hasil karya sendiri menggunakan Ms.Word. Pada awalnya Saya kebingungan harus memulai dari mana karena tidak ada angka-angka khusus yang mewakili nada-nada tertentu seperti do (tinggi) dan sol (rendah). Belum lagi ada banyak sekali tanda-tanda nada yang rasanya mustahil dibuat dengan font default Ms.Word.

Font Notasi Angka Untuk Menuliskan Partitur Lagu

Setelah browsing di internet tentang 'cara menulis not angka di Ms.Word', akhirnya Saya menemukan beberapa artikel yang menyarankan dua alternatif font. Kedua aternatif ini adalah font Lucida Bright yang secara default sudah ada di Ms.Word dan font Notasi Angka yang harus diinstal sendiri ke dalam koleksi font Ms.Word. Adapun perbedaan keduanya terletak pada cara penggunaannya. Antara kedua font ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri tergantung pilihan Anda. Namun, sejauh ini Saya membuat partitur menggunakan font Notasi Angka karena hasilnya sesuai dengan yang Saya inginkan. Musisi rohani terkenal seperti Henri Yulianto juga memanfaatkan font-font ini untuk membuat sejumlah partitur lagu karyanya. Lantas, bagaimana cara menggunakannya?

Cara Menggunakan Font Notasi Angka & Lucida Bright

Pada font biasa kita hanya perlu menekan satu kali pada huruf dan angka di keyboard maka huruf dan angka yang diinginkan akan muncul. Sedangkan pada font Notasi Angka dan Lucida Bright sedikit berbeda penggunaannya. Hal ini dikarenakan tidak adanya tombol khusus untuk mengetikkan not-not tertentu seperti do (tinggi), sol (rendah), maupun fis dan sel pada keyboard. Oleh sebab itu, pengembang font Notasi Angka memanfaatkan kombinasi tombol keyboard untuk membuat not-not khusus tersebut, seperti tombol <, >, $, {, dan }. Begitupun dengan tanda-tanda nada lainnya seperti fermata dan legato yang pembuatannya juga menggunakan tombol tersebut. Agar lebih jelasnya, di bawah ini telah Saya buatkan Tabel Penggunakan Notasi Angka dan Lucida Bright yang sekiranya dapat dipahami.


Tips Menggunakan Font Notasi Angka & Lucida Bright


Berdasarkan tabel di atas, Saya perlu menjelaskan beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar tidak kesulitan nantinya dalam penggunaan font-font ini sebagai berikut:

1. Font-font tersebut dirancang hanya untuk mengetikkan notasi angka dan memasukkan tanda-tanda nada. Meskipun bisa juga untuk mengetik huruf, disarankan untuk tidak menggunakannya dalam pengetikkan syair lagu.

2. Gunakan font lain seperti Calibri (Body) untuk menuliskan syair lagu di atas notasi yang telah diketikkan. Disarankan notasi lebih dulu dari syair agar bisa menyesuaikan syair lagu sesuai jarak dan ukuran. Khusus untuk syair, bisa dan sebaiknya gunakan tombol spasi pada keyboard dalam mengatur jarak spasi antar syair atau penggalan kata.

3. Angka tunggal diketik lebih dahulu baru diikuti karakter bantu untuk membuat notasi khusus. Contoh: Ketik angka 5 untuk nada sol baru diikuti tombol Shift + / untuk membuat nada sel.

4. Untuk membuat jarak(spasi) antar nada, tekan tombol @ sesudah mengetik satu nada. Jangan tekan spasi pada keyboard agar tidak terbaca sebagai link oleh Ms.Word.

5. Tanda fermata pada font-font tersebut belum disempurnakan sehingga menimbulkan 'bentrok' antara nada dan tanda fermata.

6. Tanda legato pembuka dan penutup dimaksudkan untuk membuat tanda legato yang panjang dari legato singkat. Gunakan tombol _ atau line pada fitur Shapes yang ada di tab menu Insert Ms.Word untuk menghubungkan legato pembuka dan penutup.

7. Garis atas 1/2 dan 1/4 dibuat di atas baris rangkaian nada yang telah diketik sebelumnya. Setelah dibuat, gunakan fitur Remove Space After Paragraph pada tab menu Home untuk merapatkan nada dengan garis atas.


8. Tanda bar satu, bar dua, dan bar penutup dirancang khusus untuk  baris satu nada saja. Untuk baris nada lebih dari satu misalnya SATB, disarankan gunakan line pada fitur Shapes yang ada di tab menu Insert Ms.Word.

9. Jangan lupa sesuaikan ukuran huruf, jarak spasi dan baris, serta ukuran kertas dan margin agar hasil akhir partitur lebih rapi dan terkesan profesional.

10. Jangan lupa pratinjau hasil pengeditan akhir dengan cara melihat pada tampilan Print Previewconvert to PDF, ataupun menyesuaikan skala tampilan ke tampilan Zoom In/Out pada layar Print Layout Ms.Word. Oh ya, pastikan skala tampilan dokumennya berada pada angka 110%. Tampilan dokumen pada skala tersebut biasanya akan sama persis dengan hasil cetaknya (print out).

Download Font Notasi Angka

Jika Anda telah memahami fungsi dan cara menggunakan font Notasi Angka dan Lucida Bright, saatnya bagi Anda untuk men-download file font tersebut. Namun, Saya hanya akan membagikan file font NOTASI ANGKA saja berformat ttf yang biasa Saya gunakan untuk mengetik partitur lagu Paduan Suara SATB. Berikut tombol download-nya.

Link download font Notasi Angka

Setelah Anda dialihkan ke laman Download (Google Drive), klik ikon Anak Panah ke Bawah yang letaknya di sebelah kanan atas seperti yang tampak pada gambar di bawah untuk men-download file tersebut.



Cara Menginstal Font Notasi Angka

Setelah file tersebut sukses di-download, Anda harus menginstalnya pada folder Fonts di Drive C. Agar labih jelasnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Buka berkas file font Notasi Angka yang baru saja Anda download tadi. Biasanya ada di folder Favorite Download.
  • Setelah ditemukan, copy file tersebut dengan cara klik kanan, pilih Copy atau tekan kombinasi tombol Ctrl + C pada keyboard untuk copy.
  • Setelah ter-copy, buka folder Fonts di Drive C seperti langkah berikut: Drive C > Windows Fonts.
  • Paste-kan file tersebut di dalam folder Fonts dengan cara klik kanan, pilih Paste atau tekan kombinasi tombol Ctrl pada keyboard untuk paste.
  • Selesai. Font Notasi Angka sudah terinstal secara otomatis.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu masuk ke dalam lembar kerja Ms.Word dan pilih jenis font Notasi Angka pada tab menu Home. Selanjutnya, Anda sudah dapat berkreasi menuliskan partitur lagu dengan mudah mengikuti cara yang tertera pada tabel di atas. Jika belum jelas, ada pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat!

13 komentar untuk "CARA MENGGUNAKAN FONT NOTASI ANGKA UNTUK MENGETIK PARTITUR LAGU LENGKAP + DOWNLOAD"

  1. Sangat membantu bagi yang akan mengedit partitur lagu/teks lagu/pujian atau yang akan menuliskan partitur lagu baru. ada baiknya juga bila di halaman blog ini dimasukkan panduan pemakaian MuseScore atau Finale agar pecinta musik di Indonesia ini lebih bertambah... dan bertambah terus.

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas masukkannya. Usulannya akan dipertimbangkan

    BalasHapus
  3. kalau garis barnya panjang ke bawah bagaimana caranya ?

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. terimakasih banyak, sangat membantu sekali, semoga makin sukses ya blognya :)

    salam kenal luluaullma.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Alhamdulillaaah.

    Saya baru tahu ada aplikasinya. Meskipun masih terasa asing (kikuk.jawa)tapi hasilnya pasti.Cuma untuk penulisan tanda legatonya yang agak ribet untuk mensejajarkan dengan lengkung pembuka dan penutup. Mungkin masih baru ya.

    Sekali lagi terimakasih banyak aplikasi Notasi Angka dari Alang Asaude.

    Maturnuwun

    BalasHapus
  7. Dari Abdus Sholeh, Kota Solo

    BalasHapus
  8. I’ve been searching for some decent stuff on the subject and haven't had any luck up until this point, You just got a new biggest fan! 먹튀폴리스

    BalasHapus

Tulis komentar anda di sini....